Selasa, 28 Juli 2020

PENGERTIAN TRAFO DAN 8 FUNGSI TRAFO BERDASARKAN JENISNYA

PENGERTIAN TRAFO
Trafo merupakan perangakat ststis yang mentranfer energi listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lain melalui proses induksi elektromagnetik. Trafo biasa digunakan untuk menambahkan dan menurunkan level tegangan antar rangkaian.

JENIS DAN FUNGSI TRAFO

Hasil gambar untuk trafo
1. Trafo Step Up
Trafo step up ini digunakan dalam rangkaian rangkaian pembangkit tegangan pada perangkat elektronika, misalnya inverter monitor LCD, inverter TV. fungsi trafo step up ini adalah untuk menaikan tegangaan selain itu, fungsi trafo juga dapat digunakan dalam proses penaikan tegangan AC

2. Trafo Step Down
Trafo step down ini mudah kamu temukan ditoko-toko alat elktronik. sebut saja trafo 1A, 2A, 3A, 4A dan lain-lain. kebalikan dari trafo step up fungsi trafo steo down adalan untuk menurunkan tegangan lintrik. semua kebanyakan peralatan rumah tangga banyak mengunakan trafo step down seperti : speaker aktif, TV, power amplifier dan lain-lain

3. Trafo Isolasi
Trafo ini biasanya sering digunakan pada rangkaian inverter yaitu : rangkaian mengubah tegangan DC menjadi tegangan AC dengan tegangan yang sama. prinsip trafo ini hanyalah untuk mengisolasikan tegangan tanpa menaikan dan menurunkan teganggan. sesuai dengan namaya fungsi trafo isolasi adalah untuk mengisolasikan tegangan input dan tegangan output.

4. Trafo CT Dan Trafo Non CT
Trafo CT berfungsi sebagai membuat rangkaian power supply simetris gelombang penuh sedangkan trafo non CT memiliki fungsi sebagai membuat rangkaian power supply non simetris, yakni power supply yang hanya punya kutub positif serta kutub negatif saja.

5. Trafo Daya
Trafo ini memiliki tingkat insulasi yang tinggi dengan ukuran trafo yang berukuran besar. Fungsi trafo ini biasanya dipakai dalam aplikasi tranfer daya tinggi dimana dayanya mencapai hingga 33 kilo volt.

6. Trafo distribusi
Trafo distribusi berfungsi untuk mendistribusikan energi listrik dari pembangkit listrik pada perumahan maupun pada lokasi indutri

7. Trafo PLN
Trafo ini sangat diperlukan oleh penyedia listrik terbesar diindonesia. trafo ini memiliki banyak fungsi seperti menaikan daya, menurunkan daya dan lain-lain.

8. Trafo Arus
Trafo arus ini berfungsi untuk mengonversi arus primer yang memiliki nilai arus yang besar. nilai arus sekitar puluhan sampai dengan ribuan ampere akan mengkonversikan menjadi arus sekunder yang memiliki nilai rendah yaitu 1A atau 5 A.


2 komentar: